Bukan main-main risikonya adalah... *perjalanan didominasi oleh lebih dari 300 km off road *melintasi 20 sungai yg dalam *Kematian bisa terjadi setiap musimnya (3 bulan per musim) *Paling cepat ditempuh 'hanya' dengan 15 hari perjalanan tanpa kendala |
*Jalan off road
Berlumpur ketika musim panas dan menjadi salju yg becek ketika musim salju.
Spoiler for Northern Russia mud..:
Beberapa bagian dari jalan tsb pada musim kering adalah sungai.
Spoiler for Northern Russia river crossing..:
Tetapi beberapa sungai tersebut berubah menjadi keras ketika musim salju hanya saja perlu kewaspadaan sebab jika tidak truk bisa terjeblos ke bawah salju dan bisa tenggelam disungai. Jika sudah begitu tidak ada cara lain selain menunggu salju mencair.
Spoiler for truk terjebak salju..:
*Kalau sudah begitu maut sudah didepan mata bagi para pengemudi truk. Oleh karenanya mereka menyiasatinya dengan membawa sejumlah bekal sendiri, peralatan memasak dan selalu berjalan konvoi dengan truk lain. Sebab tidak ada alat komunikasi apapun disepanjang jalan tsb. Tidak ada sinyal HP selain telepon satelit dan jg tidak ada pasar, toko atau pemukiman penduduk.
Spoiler for konvoi..:
Jika salah satu terjebak yg lain saling tolong menolong membantu rekannya yg terkena musibah.
Spoiler for saling bantu..:
*Jika semua berjalan dengan mulus paling cepat perjalanannya adalah 15 hari saja. Untuk jarak 1000km atau setara dengan Jakarta-Surabaya terbilang sangat lama. Tapi itu lebih baik dibanding perjalanan yg bisa sampai 3 bulan adalah biasa bagi mereka. Selepas Moskwa melewati Pegunungan Ural selepas Ural inilah para pengemudi truk ini memulai petualangannya.
Spoiler for jalan raya Pegunungan Ural..:
Spoiler for awal petualangan..:
Berkendara pada suhu minus 40-60 derajat Celsius dengan beban berat sangatlah berisiko. Pada suhu -60 derajat Celsius besi bisa menjadi rapuh dan ini berbahaya bagi kontainer dengan beban berat. Untuk itulah kadang-kadang para pengemudi membakar beberapa bagian dari barang bawaannya untuk hanya sekedar menghangatkan kontainer atau rangka truknya supaya tidak rapuh.
Pada akhirnya para pengemudi tersebut bukan sedang berlomba melainkan hanya bekerja demi menghidupi keluarga mereka. Peran mereka sangat penting bagi penduduk disekitar Siberia dan sepanjang semenanjung Balkan dalam menunjang kehidupan penduduk tsb.