Search Here

Senin, 23 April 2012

5 Gunung Ini Bersahabat Bagi Para Pendaki Pemula

0 komentar


Naik gunung bukanlah kegiatan yang hanya bisa dilakukan mereka yang profesional. Anda yang tidak berpengalaman pun bisa menjejakkan kaki di 5 gunung ini karena medannya yang tidak terlalu sulit. Selain medan yang bersahabat, pemandangan alam di beberapa tempat ini juga akan membuat Anda jatuh cinta. Inilah 5 gunung yang bisa didaki pemula, disusun detikTravel, Senin (23/4/2012):
Tegal Alun, Gunung Papandayan (Ambo Arphegio/ dTraveler)

1. Gunung Papandayan, Jawa Barat

Langkahkan kaki Anda ke Garut dan jelajahi Gunung Papandayan. Jalur landai dan pemandangan cantik akan menemani pendakian pertama Anda. Kawah Mas, Kawah Baru dan Kawah Nangklak adalah beberapa kawah belerang yang akan ditemui di sini. Gunung dengan ketinggian 2.665 mdpl ini memiliki pesona khas yaitu padang bunga edelweis.

Padang ini berada di dekat puncak gunung. Jadi, saat sudah bertemu padang cantik bunga abadi, tak lama lagi kaki Anda akan mencapai puncak gunung. Tak terasa, satu gunung sudah berhasil dijelajah!
Panorama Gunung Ungaran (Ryan Cath/ dTraveler)

2. Gunung Ungaran, Jawa Tengah

Terletak di Kota Ungaran, Semarang sebuah gunung bisa Anda daki. Eits, jangan langsung naik, karena ada beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi di kaki gunung. Candi Gedongsongo, juga beberapa air terjun seperti Curug Semirang dan Curug Lawe adalah beberapa objek yang bisa Anda datangi di sini.

Gunung ini memiliki 3 puncak yang sejajar yaitu Gendol, Botak dan Ungaran. Meski Puncak Gendol dan Botak memiliki ketinggian yang tidak jauh dari Ungaran, namun yang paling tinggi adalah Unggaran. Di atas ketinggian 2.050 mdpl, Anda bisa menikmati 2 pemandangan indah sekaligus. Di sebelah utara Anda akan dihipnotis dengan hamparan Laut Jawa nan luas. Sedangkan di arah selatan, jajaran gunung akan memenuhi pandangan: Merapi, Merbabu, Telomoyo, Sumbing, juga Sindoro.
Panorama Gunung Ungaran (Ryan Cath/ dTraveler)

3. Gunung Ijen, Jawa Timur

Gunung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini memiliki destinasi andalan yang tidak bisa terlewat yaitu Kawah Ijen. Kawah yang cantik saat pagi ini menjadi puncak dari gunung ini. Banyak pendaki dari dalam dan luar negeri rela menanjak dari dini hari agar bisa menikmati sunrise di puncak Gunung Ijen.

Gunung ini tidak terlalu sulit untuk didaki, namun jalurnya yang dipenuhi pasir membuat perjalanan sedikit sulit. Tak apa, semua peluh akan terbayar dengan pemandangan matahari terbit yang cantik di ketinggian 2.443 mpdl.
Jalur di Gunung Kelimutu (Putri/ detikTravel)

4. Gunung Kelimutu, NTT

Gunung kedua yang memiliki kawah di puncaknya adalah Kelimutu. Danau 3 warna yang sudah terkenal hingga mancanegara ini menjadi suguhan utama saat Anda sampai puncak. Gunung yang terletak di Kabupaten Ende, FLores, NTT ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl. Tidak terlalu tinggi, tepat untuk Anda pendaki pemula.

Pemandangan indah di sepanjang jalan akan membuka mata Anda bahwa Flores tak hanya indah dalam wisata bahari. Pendakian pun takkan terasa berat karena jalurnya terhitung landai.
Sunrise di Sibayak (Mora Gandi R - d'Traveler)

5. Gunung Sibayak, Sumatera Utara

Ada dua gunung yang mewarnai keindahan Kota Brastagi, yaitu Sibayak dan Sinabung. Gunung yang disebut pertama itu punya panorama eksotis, serta terkenal di kalangan para pendaki pemula. Puncaknya berada di ketinggian 2.212 mdpl, dan punya bentuk unik seperti tapal kuda. Oleh karena itu titik tertinggi gunung ini disebut Puncak Tapal Kuda.

Jalur favorit untuk mencapai puncak Gunung Sibayak adalah jalur Lima Empat. Disebut begitu karena berada di KM 54 dari Kota Medan. Sebelum mendaki, Anda bisa menyantap jagung rebus maupun bakar. Dari pintu masuk jalur hingga puncak Gunung Sibayak, perjalanan hanya memakan waktu 3-4 jam.


sumber : http://travel.detik.com/read/2012/04/23/125942/1899134/1025/5-gunung-ini-bersahabat-bagi-para-pendaki-pemula

Leave a Reply