Search Here

Kamis, 26 April 2012

Mari mengenal candi mendut kab.Magelang

0 komentar

candi mendut merupakan candi beraliran buddha yang dibuat pada masa dinasti syailendra dan raja indra .

Spoiler for letak mendut:
letaknya di kabupaten Magelang .kecamatan Mungkid di desa Mendut . candi mendut ini terletak hanya beberapa kilometer saja dari candi terbesar dunia .. candi borobudur

Spoiler for arsitektur:
sebenarnya candi ini terbuat dari batu bata yang ditutupi oleh batu alam.tinggi bangunan 26,4 m .


Spoiler for relief:
berikut relief2 pada candi mendut: relief 2 burung betet
Relief ini melukiskan cerita dua burung betet bersaudara namun berbeda kelakuannya karena yang satu dididik oleh seorang penyamun. Sedangkan yang satu oleh seorang pendeta.


Spoiler for relief2:
relief dharmabudhi dan dustabudhi
relief ini menceritakan tentang 2 orang sahabat anak para saudagar buddha

Spoiler for relief3:
relief angsa dan kura2
relief ini menceritakan :terdapat lukisan cerita hewan atau fabel yang dikenal dari Pancatantra atau jataka.

Spoiler for relief4:
relief brahmana dan satu kepiting

relief ini menceritakan Maka adalah seorang brahmana yang datang dari dunia bawah dan bernama Dwijeswara. Ia sangat sayang terhadap segala macam hewan.
Maka berjalanlah beliau untuk bersembahyang di gunung dan berjumpa dengan seekor kepiting di puncak gunung yang bernama Astapada, dibawa di pakaiannya. Maka kata sang brahmana: “Kubawanya ke sungai, sebab aku merasa kasihan.” Maka iapun berjalan dan berjumpa dengan sebuah balai peristirahatan di tepi sungai. Lalu dilepaslah si kepiting oleh sang brahmana. Si Astapada merasa lega hatinya. Sedangkan sang brahmana beristirahat di balai-balai ini. Ia tidur dengan nikmat, hatinya nyaman.
Adalah seekor ular yang berteman dengan seekor gagak dan merupakan ancaman bagi sang brahmana. Maka kata si ular kepada kawannya si gagak: “Jika ada orang datang ke mari untuk tidur, ceritakan padaku, aku mangsanya.”
Si gagak melihat sang brahmana tidur di balai-balai. Segeralah keluar si ular katanya: “Aku ingin memangsa matanya kawan.” Begitulah perjanjian mereka.
Si kepiting yang dibawa oleh sang brahmana mendengar. Lalu kata si kepiting di dalam hati: “Aduh, sungguh buruk kejahatan si gagak dan ular. Sama-sama buruk kelakuannya.” Terpikir olehnya bahwa si kepiting berhutang budi kepada sang brahmana. Ia ingin melunasi hutangnya, maka pikirnya. “Ada siasatku, aku akan berkawan dengan keduanya.” Maka ujar si kepiting, “Wahai kedua kawanku, akan kupanjangkan leher kalian, supaya lebih nikmat kalau kalian ingin memangsa sang brahmana.” – “Aku setuju dengan usulmu, dengan segera.” Begitulah kata si gagak dan si ular keduanya. Kedua-keduanya ikut menyerahkan leher mereka dan disupit di sisi sana dan sini oleh si kepiting dan keduanya langsung putus seketika. Matilah si gagak dan si ular.


sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5301694

Leave a Reply