MENGENAL DAN MEMPERBAIKI MOBIL SENDIRI
GANGGUAN PENYEBAB DAN TINDAKAN |
Mesin Tidak Berputar
Penyebab : Sakelar pengapian rusak
Tindakan : Sambungkan aki dan terminal-terminal starter dengan kabel langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi 'klik' maka kontaknya rusak. Ganti dengan yang baru menurut keperluan. |
Penyebab : Sambungan aki putus atau longgar, aki kosong atau (pada mobil bertransmisi) sakelar pengaman netral rusak. Jika relay starter berbunyi 'klik' tetapi mesin tidak berputar, periksa starter sambungannya dengan kemungkinan kondisi rusak.
Tindakan : Perbaiki bagian-bagian penyebab menurut keperluan |
|
Mesin berputar tetapi tidak mau hidup
Penyebab : Platina terbakar atau berlobang
Tindakan : Ganti dengan platina baru |
Penyebab : Menara-menara distribusi atau terminal-terminalnya berkaitan
Tindakan : Bersihkan atau ganti dengan yang baru. |
Penyebab : Kap pengapian (koil) atau kabel tegangan yang bertegangan tingii dalam kondisi basah
Tindakan : Bersihkan, keringkan atau ganti dengan yang baru bila diperlukan |
Penyebab : Kebocoran berlebihan pada tekanan (resistor) kondensor output atau isolasi
Tindakan : Periksa dengan alat penguji (tester) distributor dan kondensator. Pastikan bahwa sambungan ke kondensator tidak rusak. Atau ganti dengan yang baru bila perlu. |
Quote:
Penyebab : Kumparan (koil) rusak
Tindakan : Cabut kabel pusat dari kap distributor dan dekatkan antara 1 sampai 1,5 cm pada blok mesin. Jika tidak ada lompatan api atau ada tapi dengan kondisi yang lemah, maka koilnya rusak atau ada kerusakan pada sirkuit primer. |
Penyebab : Tahanan ( wesrstand, resistance ) primer tidak tepat
Tindakan : Periksa penurunan voltage pada kabel atau balast tahap primer dengan sebuah voltameter, atau ukur tahanan unit tersebut dengan menggunakan ohm meter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi. Pemeriksaan cepat untuk mengetahui rusak atau tidaknya tahanan primer, dilakukan dengan mem bypass (menyambung sirkuit primer tanpa melalui unit tahanan tersebut dengan kabel langsung). |
|
Mesin susah distart
Penyebab : Api busi lemah
Tindakan : Periksa keadaan platina dan kawat sirkuit primer, kemungkinan salah sambung |
Penyebab : Sambungan sirkuit koil terbuka atau korsleting dengan massa
Tindakan : Sambungkan sebuah lampu penguji 110 volt pada terminal-terminal primer koil. Jika lampu tidak menyala, maka sambungan sirkuit primer terbuka (terputus). Sambungkan lampu tersebut antara terminal tekanan tinggi dengan terminal-terminal primer koil. Sambungkan salah satu terminal lampu pada tabung koil dan terminal lainnya pada terminal tegangan tinggi dan primer. Jika lampunya menyala atau terjadi lompatan api pada titik kontak, maka kumparan koil korsleting dengan massa. |
Penyebab : Busi kotor atau kurang tepat pemasangannya
Tindakan : Bersihkan busi dan pasang ulang dengan baik |
Penyebab : Kabel busi pecah atau rusak
Tindakan : Perbaiki atau ganti dengan yang baru. Ukur tahanan pada kabel-kabel tekanan tinggi dengan ohmmeter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi. |
Penyebab : Aki lemah atau rusak
Tindakan : Isi ulang aki atau ganti dengan yang baru. |
|
Mesin susah distart dalam kondisi panas
Penyebab : Api bocor antara kabel dan busi
Tindakan : Jika api tidak mampu menjembatani jarak antara 1/4 sampai 3/8 inci secara teratur, periksa keadaan platina, kondensator dan koil. |
Penyebab : Cuk macet tertutup
Tindakan : Lepaskan menurut keperluan |
Quote:
Penyebab : Motor starter atau kabelnya rusak
Tindakan : Perbaikan atau ganti dengan yang baru |
Penyebab : Mesin terlalu panas
Tindakan : Periksa bagian pendingin mesin seperti radiator. Servis jika diperlukan. |
|
Mesin susah distart dalam kondisi dingin
Penyebab : Satu komponen atau lebih dari bagian pengapian bekerja kurang sempurna
Tindakan : Periksa seluruh bagian pengapian dengan alat atau pengujian yang cocok |
Penyebab : Aki lemah atau rusak
Tindakan : Isi aki atau ganti dengan yang baru. |
Penyebab : Oli terlalu kental
Tindakan : Buang dan ganti dengan oli yang cocok untuk kondisi mesin. |
|
Mesin berjalan tetapi pengapian tidak rata pada kecepatan tinggi
Penyebab : Busi kotor atau stelan gap nya kurang tepat
Tindakan : Bersihkan busi, dan stel ulang pemasangannya. |
|
Mesin berjalan kurang sempurna pada kecepatan tinggi
Penyebab : Stelan saat (timing) pengapian terlalu "na"(terlambat)
Tindakan : Stel menurut ketentuan. |
Penyebab : Ujung pemutusan distributor rusak
Tindakan : Ganti ! |
Penyebab : Busi kotor, stelan gap nya kurang tepat atau jangkauan panasnya tidak cocok untuk mesin tertentu
Tindakan : Bersihkan, stel atau ganti. |
Penyebab : Koil atau kondensator tidak bekerja semestinya
Tindakan : Periksa dengan alat pengapian yang tepat. Ganti jika perlu. |
|
Boros Bensin
Penyebab : Ujung-ujung pemutusan distributor kotor atau stelannya kurang tepat
Tindakan : Bersihkan, stel lagi atau ganti |
Penyebab : Timing pengapian, stelannya kurang tepat.
Tindakan : Stel menurut ketentuan |
Quote:
Penyebab : Setelan maju distributor kurang tepat
Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan. |
|
Akselerasi Kurang
Penyebab : Timing pengapian terlalu terbelakang
Tindakan : Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan |
Quote:
Penyebab : Busi kotor atau setelan gapnya kurang tepat
Tindakan : Bersihkan, stel ulang atau ganti. |
Penyebab : Platina kotor
Tindakan : Periksa dan bersihkan setelan maju distributor |
|
Ban mencicit ketika berbelok
Penyebab : Tekanan ban kurang atau tidak sama
Tindakan : Pompa menurut ketentuan |
Penyebab : Poros atau spidlenya bengkok
Tindakan : Ganti bagian-bagian yang rusak |
Penyebab : Sambungan peluru (ball joint) suspensi depan atau sambungan kemudi kurang longgar
Tindakan : Setel ulang dan longgarkan |
|
Putaran kemudi sukar kembali
Penyebab : Sambungan kemudi dan sambungan peluru (ball joint) terlalu seret
Tindakan : Lumasi dan longgarkan |
Penyebab : Tekanan pompa hidrolis kurang tinggi (khusus untuk kemudi hidrolis)
Tindakan : Pompa diperbaiki atau saluran-saluran yang tersumbat dibersihkan |
|
sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10370341