Search Here

Kamis, 29 Agustus 2013

5 Cara Menyederhanakan Belajar Bahasa Asing

0 komentar
5 Cara Menyederhanakan Belajar Bahasa Asing Oleh Cara Segiempat
Jika Anda berpikir untuk melakukan perjalanan ataupun belajar diluar negeri, mempelajari bahasa baru itu sangat penting.

Benar-benar dapat berbicara dalam bahasa asing secara lancar membutuhkan kerja keras dan latihan. Bahkan saat Anda belajar setiap hari, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memahami beberapa bahasa.
Ada banyak keuntungan jika Anda dapat berbicara dalam dua atau lebih bahasa. Tidak hanya Anda dapat berbicara dengan orang lokal, tetapi Anda juga mendapatkan keuntungan psikologis serta kesehatan. Studi kesehatan menunjukkan bahwa jika seseorang mampu berbicara dalam beberapa bahasa, Anda dapat melakukan multitask serta menghindari demensia.
Artikel ini akan menjelaskan 5 cara menyederhanakan belajar bahasa asing.

1. Pelajari Satu Kata Setiap Hari
Mempelajari semuanya dalam satu waktu akan membuat Anda kewalahan. Terkadang, Anda dapat melupakan kata baru dengan cepat karena Anda belum cukup mendengarkannya dalam konteks kalimat.
Cara untuk mengatasi masalah ini adalah mempelajari hanya satu kata setiap harinya. Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 150 kali latihan untuk mempelajari satu kata dengan benar, memahami satu kata sati hari dapat membangun kosa kata Anda.

2. Bercakap-cakap Dengan Bahasa Kedua Anda Sebanyak Mungkin, Terutama Dengan Penutur Asli
Tidak dapat dipungkiri bahwa cara terbaik untuk mempelajari satu bahasa adalah dengan menuturkannya. Membaca dan mempelajari buku tata bahasa tentunya tidak cukup.
Jadi berusahalah untuk berkomunikasi dengan penutur asli bahasa yang Anda pelajari. Anda dapat belajar lebih banyak hanya dengan 5 menit percakapan dengan penutur asli Inggris, daripada penutur Indonesia yang belajar 2 tahun di Inggris. Cobalah untuk menghabiskan 80% waktu berbicara Anda dengan orang yang lebih pandai dalam berbahasa daripada Anda.

3. Dengarkan Radio Dan TV Bahasa Asing
Bagian dari mempelajari cara berbicara dalam bahasa asing dengan benar adalah mempelajari intonasi dan ritme kata. Dalam bahasa Indonesia contohnya, Anda mengucapkan kata sama seperti tulisan kata tersebut. Berbeda dengan bahasa Inggris, dimana penulisan kata berbeda dengan pengucapannya.
Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mendengarkan bahasa asing sebanyak mungkin. Cobalah untuk mendengarkan kecepatan kata, pelafalannya dalam konteks yang berbeda, dan perbedaan intonasinya. Bagaimanakah suara penutur saat senang, marah, ataupun saat bertanya.

4. Perhatikan Kata Yang Tidak Anda Ketaui Pada Kamus Satu Bahasa
Mencari tahu makna kata bisa jadi hal yang sulit dalam mempelajari bahasa asing, karena penerjemahan langsung dan akurat tidak selalu ada. Menerjemahkan konsep bisa jadi lebih sulit. Google Translate dan WordReference tidak selalu bisa memberikan Anda makna kata yang sebenarnya. Dengan mencari tahu makna kata pada kamus satu bahasa, Anda bisa memastikan bahwa kata dan frasa yang Anda gunakan penggunaannya sudah tepat.

5. Saat Melakukan Kesalahan, Segeralah Untuk Mengoreksinya
Jika Anda salah berbicara, dan mendapati kesalahan Anda, segeralah mengoreksi diri Anda sendiri dengan mengulang-ulang kalimat yang benar. Cara ini akan membantu Anda untuk memprogram otak Anda, dan untuk menghindari kesalahan ang sama, serta memadatkan tata bahasa Anda.

Sumber : http://cara.segiempat.com/umum/5-cara-menyederhanakan-belajar-bahasa-asing/

Leave a Reply