Search Here

Kamis, 29 Agustus 2013

5 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda

0 komentar
5 Cara Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur Anda Oleh Cara Segiempat
Mengurangi waktu tidur Anda bukanlah ide yang bagus, meskipun dalam masyarakat sekarang ini orang-orang bangga jika mereka dapat bekerja hanya dengan tidur 4 jam, dan banyak meminum kopi. Tubuh manusia biasa membutuhkan paling tidak 8 jam tidur malam. Anda mungkin dapat mengelabui tubuh Anda dengan mengambil beberapa jam waktu tidur dengan cara mengkonsumsi kafein, ataupun dalam kondisi tekanan tingkat tinggi yang membuat Anda tetap bergerak, tetapi pada dasarnya Anda membawa malapetaka untuk performa kerja jangka panjang serta jangka pendek Anda. Faktanya, kekurangan tidur mengacaukan kemampuan Anda untuk menilai situasi.

Idealnya, waktu tidur Anda mengikuti pola alami matahari terbit dan terbenam sebisa mungkin. Anda tahu bahwa Anda memiliki tidur yang cukup jika Anda secara konsisten terbangun pada waktu yang sama dipagi hari tanpa alarm, merasa segar dan tenang. Disamping lama tidur Anda, kualitas tidur Anda juga sama pentingnya. Siklus tidur Anda terdiri dari beberapa tingkatan, dimana tidur nyenyak adalah fase dimana semua pemulihan terjadi. Jika tidur Anda terganggu, Anda mungkin akan sulit mencapai fase tidur nyenyak. Apa yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur? Bacalah artikel ini untuk mengetahui 5 cara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

1. Jangan Berolahraga Dalam 2 Atau 3 Jam sebelum waktu tidur Anda

Olahraga, disamping membuat tubuh Anda lelah, juga menyebabkan tingginya adrenalin yang mengalir didalam tubuh Anda yang membuat pikiran Anda terjaga, dan menyebabkan suhu tubuh meningkat. Cobalah berolahraga pada sore-menjelang malam hari.

2. Jangan Terlalu Banyak Makan Malam

Perut yang penuh membut tidur menjadi sulit. Idealnya, Anda sebaiknya makan malam tidak lebih dari 3 jam sebelum waktu tidur Anda. focus pada protein dan lemak sehat untuk makan malam, dan kurangi karbohidrat, dan buatlah porsi makan Anda lebih sedikit.

3. Memiliki Waktu Tidur Tetap (Idealnya Sebelum Jam 10 Malam)

Kebanyakan situs web kesehatan dan kebugaran merekomendasikan untuk tidur antara jam 9-10 malam. Jika Anda tidur pada waktu tersebut, tubuh Anda mulai mengeluarkan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus bangun tidur Anda. Matikan TV dan laptop Anda, dan prioritaskan waktu tidur Anda.

4. Tidur Diruangan Yang Gelap

Terlalu banyak cahaya dikamar Anda, entah itu cahaya biru dari laptop ataupun cahaya lampu luar yang menembus gorden kamar Anda, akan mengganggu tidur Anda, dan juga pengeluaran melatonin. Jika Anda tidak dapat menyingkirkan benda elektronik tertentu dari kamar Anda, ataupun tidak dapat mengganti gorden gelap, Anda dapat menggunakan sleep mask untuk mata Anda.

5. Ubahlah Kamar Tidur Anda

Jika Anda memiliki ruang kamar yang lebih, keluarkan semua alat elektronik (termasuk TV) dari kamar tidur Anda, dan agar Anda dapat benar-benar tidur didalam kamar tidur Anda. Dekorasi kamar tidur Anda dengan gambar yang merangsang tidur dan mimpi indah. Gunakan matras atau kasur yang Anda suka, serta seprai yang lembut pada tempat tidur Anda. Jika Anda tidak dapat melakukan cara diatas, paling tidak cobalah untuk membuat kamar tidur Anda menjadi rapih dan bersih.

Leave a Reply