Search Here

Kamis, 29 Agustus 2013

Cara Aman Berkendara Jauh di Malam Hari

0 komentar
Cara Aman Berkendara Jauh di Malam Hari oleh SegiEmpat
Mungkin Anda merencanakan untuk melakukan liburan atau perjalanan panjang bersama keluarga di luar kota. Sayangnya ada beberapa hal yang memaksa Anda tidak bisa berangkat di siang hari sehingga Anda harus mengemudikan kendaraan di malam hari, misalnya menghindari macet atau waktu yang sudah tidak memungkinkan.

Mengemudikan kendaraan di malam hari tentu saja berbeda dengan jika Anda berkendara di siang hari. Anda membutuhkan persiapan yang lebih banyak jika ingin berkendara di malam hari. Ada beberapa keadaan dimana yang harus Anda perhatikan seperti misalnya penerangan yang kurang dan faktor keselamatan Anda bersama keluarga.
Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini agar perjalanan Anda di malam hari bisa menjadi lebih nyaman dan aman :
Periksa Oli
Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya Anda memeriksakan keadaan oli mesin dan oli transmisi. Jika ternyata sudah sangat mendesak untuk diganti atau nantinya beresiko untuk menganggu perjalanan Anda, sebaiknya Anda segera menggantinya.
Gunakan Setelan Lampu Standar
Agar jangkauan penyinaran lampu bisa lebih optimal, sesuaikan setelan lampu dengan standar pabrik.  Dan jika Anda sudah terlanjur mengutak-atiknya, sebaiknya Anda membawanya ke bengkel resmi dan memintanya untuk mengembalikan ke tempat semula.
Gunakan Lampu Standar
Jangan menggunkan lampu yang bukan berdasarkan rujukan pabrik atau bohlam aksesoris. Terlebih lagi HID . Lampu jenis ini akan memantulkan cahaya pada saat berkabut atau hujan. Dengan begini, fungsi lampu yang seharusnya menerangi, menjadi menyilaukan.
Bersihkan Kaca
Salah satu hal penting lainya adalah menjaga kebesihan kaca, apalagi jika sudah banyak jamur yang menempel. Akan lebih parah lagi jika curah hujan tinggi.
Kaca yang berjamur dan terkena air dapat mengakibatkan bias cahaya sehingga menghalangi pandangan. Apalagi jika Anda mendapatkan sorotan lampu dari lampu jalan atau mobil yang berlawanan arah.
Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa ke memasukkan mobil Anda ke salon mobil atau mengoleskan sendiri obat anti jamur.
Sebaiknya Anda melakukan hal yang sama terhadap kaca spion, kaca lampu dan kaca belakang.
Cadangan Alat
Jangan lupakan yang satu ini. Karena bisa saja Anda mengalami sesuatu hal yang tidak Anda inginkan di jalan seperti misalnya ban kempes. Jadi sebaiknya Anda membawa beberapa peralatan cadangan seperti senter, ban serep, plas chamois dan sekring.
Udara Segar
Jika ternyata dalam perjalanan Anda mengalami kemacetan hingga berjam-jam, sebaiknya Anda membuka kaca sekali dalam 4 jam. Dengan begini sirkulasi udara akan selalu terjaga sehingga penumpang selalu mendapatkan udara segar. Karena bisa saja asap knalpot masuk ke dalam kabin dan meracuni penumpang mobil.

Leave a Reply